Kamis, 20 Februari 2020

PEMBERDAYAAN NELAYAN MELALUI PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI USAHA NELAYAN


Pada Hari Rabu, 19 Februari 2020 bertempat di Balai Desa Morodemak Kecamatan Bonang. Kegiatan Pemberdayaan Nelayan melalui  Pengembangan Diversifikasi Usaha Nelayan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Morodemak. Kegiatan Dihadiri oleh:
1.Direktur Perizinan dan Kenelayanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP Bapak Dr. Ir. Ridwan Mulyana, MT dan kasubdit usaha Nelayan;
2.Bapak Mohamad Fatkhurokhman, SH, MM (Kelapa Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak);
3. Senior Vice President PT Bank BRI (Persero) Tbk;
4. Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Morodemak;
5. Camat Bonang;
6. Kepala BBPI Semarang;
7. Kepala Kepolisian sector Bonang;
8. Komandan Rayon militer 02 Bonang;
9. ketua LKMD Morodemak;
10. Ketua Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Morodemak .

Kegiatan ini diikuti oleh 110 orang peserta yang terdiri dari 60 nelayan dan 50 wanita nelayan (Wanel). Tujuanya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan nelayan, pengelolaan keuangan, bagaimana cara merawat dan memperbaiki perbaikan mesin kapal perikanan, informasi terkait dengan sertifikasi keterampilan penangganan ikan (SKPI) serta penguatan kelembagaan bagaimana membentuk koperasi. Sedangkan untuk wanita nelayan mereka akan dilatih bagaimana mengembangkan diri menjadi wanita nelayan yang lebih produktif dengan memberikan keterampilan pengolahan produk perikanan sampai dengan cara pengemasan yang baik agar bisa dijual. 

Selain peningkatan keterampilan dan wawasan melalui bimbingan teknis, nelayan dan keluarganya juga mendapatkan bantuan alat pendukung usaha, seperti alat penangkap ikan (API), set kunci perbaikan mesin kapal perikanan, cool box, freezer, Sealer, dan alat penunjang pengolahan produk perikanan. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar